Sunday, April 4, 2010

Cengkeh Abud?????


Hari ini, Minggu tgl 04 April 2010, cuaca tak menentu,kadang panas kadang juga gelap...tiga hari belakangan hujan deras selalu mengguyuri Siberut Selatan, tempat saya bermukim selama 3 bulan ini...Dan sangat tidak menolong masyarakat untuk mengeringkan cengkehnya.

Tepat 6 bulan setelah gempa besar meluluh lantakan kota Padang tercinta, sejauh ini Mentawai aman-aman saja dari gempa.

Kepulauan mentawai terletak di provinsi Sumatera barat. Terdiri atas 3 pulau besar dan posisinya seperti menjaga sumatera barat.
Hampir semua teman tidak percaya dulu ketika aku mau ditugaskan di Mentawai, apalagi setelah gempa menghancurkan kota PAdang, dan juga trauma masyarakat setelah tsunami melanda Aceh. Apalagi ditambah dengan ramalan2,prediksi2 yang menyebutkan Mentawai tak lama lagi akan karam. Hahaha....yang namanya mati bisa dimana saja, yang namanya berusaha untuk hidup tentu juga bisa dimana saja.
Betapa tidak, pusat gempa dan tsunami dipastikan berada di bawah pulau Siberut dan diperkirakan lempengan di bawah pulau siberut akan bergeser dan menimbulkan tsunami.

Penduduk mentawai, khususnya yang agak pesisir, kebanyakan berasal dari Padang, Pariaman, Pesisir Selatan ataupun Painan..

Wadugh, saya mau cerita gempa Siberut atau cengkeh Siberut nih.
Oiya kembali ke awal cerita, hari ini cuaca memang tak terlalu konsisten, tetapi ketika panas lumayan terik sekali, cukup menolong masyarakat di Muara Siberut untuk menjemur cengkeh hasil panen di ladang.
Bulan ini diperkirakan menjadi awal panen raya cengkeh di Siberut Mentawai. Sudah dua minggu ini masyarakat sudah menjemur cengkeh2nya, dari yang warnanya ketika di panen berwarna kehijauan hingga akhirnya berwarna hitam kecoklatan. Rata2 tiap hari di depan rumah masyarakat terdapat 2 tikar besar cengkeh yang dijemur(sekitar 15kg cengkeh satu tikar). Perkiraan masyarakat tahun ini bisa keluar ratusan ton cengkeh dari Siberut.

Harga cengkeh saat ini sekitar 45ribu perkilogram, dan diperkirakan nantinya akan menurun ketika cengkeh keluar banyak...hahaha...

Pengen juga sih mencoba bermain cengkeh, tapi modal dimana????? Ada yang mau jadi pemodal gak? Gw jamin bisa memasok puluhan ton,kalau mau sih....hahaha...
Sekarang dihadapan saya terpampang sekitar 10 tikar cengkeh yang dijemur..mau??mau?? Mau ???

No comments:

Post a Comment