Saturday, April 3, 2010

ONe day Trip - Great Xtra Xperiences


Subhanallah, truly magical, wonderful place, amazing, pretty amazing, great, incredible, awesome, best, extraordinary, phenomenal, unbelievable great, super high quality wave, nice, exotic, magnificent. Sebuah pengalaman menakjubkan bisa hadir dalam bentuk apa saja,bisa datang tiba2 ataupun dengan kita cari. Sedikit cerita dibawah ini adalah satu pengalaman yang begitu menakjubkan.

Kami (saya dan Adi) baru 3 bulan menginjakkan kaki di negeri Mentawai,tepat nya Muara Siberut,Siberut Selatan,Pulau Siberut (info: Siberut merupakan pulau terbesar di Mentawai). Berada di Siberut bukanlah dengan tujuan berlibur ataupun juga meneliti gempa (yaaa,,seperti cerita saya sebelumnya,orang Indonesia tau Mentawai tu cuma gempa).
Berada di Siberutoleh karena Bank tempat saya bekerja mendirikan Kantor Cabang di Siberut ini (bisa anda bayangkan,kalau Bank ada di sebuah tempat,sudah pasti ada perputaran kegiatan ekonomi yang cukup besar). Jadi jangan anda bayangkan Mentawai itu primitif,rumahnya kayu,orang2nya gak pakai baju,dll (makonyo pikia pakai utak ketek,,,hahaha).
Banyak hal baru yang dirasakan ketika berada disini, dan itu cuma ada disini.

Pagi itu,kami berdua menjalankan misi besar yaitu menolong cacing2 yang sudah berteriak minta tolong diberi makan (pergi sarapan maksudnya :) ). Kami pergi ke pasar di Muara Siberut, dalam perjalanan kami melewati rumah Ade (dia memiliki beberapa 'boat charter' bagi tamu/turis asing yang ingin pergi surfing, terkenal dengan nama Ade Shadow). Ketika mampir sebentar melihat Ade yang sibuk dengan mesin Yamaha 15pk, tanpa basa-basi Ade menawarkan sebuah perjalanan yang tak mungkin dihindarkan. Kami diajak ke pulau Nyang-Nyang(sebuah pulau yang memiliki wave spot world class). Pucuk dicinta,ulam pun tiba. Kesempatan hanya datang sekali,Tawaran diterima. Rencana keberangkatan pukul 09.00 pagi ini.

Selesai sarapan, kami kembali pulang ke-kost'an menyiapkan baju ganti dan beberapa bekal makanan (di pulau itu gak ada supermarket ternyata...haha). Setelah semua dirasa cukup,saatnya kembali ke tempat Ade.

Di muara kami berkumpul, terlihat beberapa orang yang sudah kami kenal sebelumnya. Kalau yang belum ya kenalan dong.. Tahukah saudara2 apakah yang bikin awal keberangkatan sedikit mantap?? Tak lain dan tak bukan, yang berangkat bukan cowok semua, dari 12 orang ada 2 orang wanita, yang satu local dan yang satu lagi blasteran..(ondeh mandeh...rancak bana ko ha :) ). Pengen tau namanya? Nanti deh saya ceritakan.

Yang namanya orang Indonesia gak akan jauh dari 'ngaret',dan itu juga berlaku saat itu, rencana berangkat jam 9 malahan jam 11 akhirnya. Awalnya saya mengira, kita pergi dengan boatnya Ade yang lebih besar dilihat dari jumlah kami yang berangkat. Ternyata kami pergi dengan boat terkecilnya Ade, bagi saya mungkin tidak bisa dibilang boat, ukuran hanya sedikit lebih besar dari sampan, dengan ukuran kira-kira panjang 6meter dan lebar kurang dari 1 meter.(hahahaha...mantap...mantap...mantap).

Satu jam lagi, matahari menuju puncak kepala. Tidak satu jalan ke Roma, begitu pula menuju pulau Nyang-Nyang. Kami tidak melewati jalur laut lepas, akan tetapi mengambil jalan pintas lewat hulu sungai ke dalam yang hanya bisa dilewati ketika air pasang. Perjalanan dimulai, sepanjang jalan kenangan hanya ada pohon bakau, di hulu sungai tersebut ternyata juga ada jalan tikus, lebar jalur yang dilalui hanya sekitar 6 meter saja. Kiri kanan hanya bakau yang berdiri kokoh dengan akar2 yang mencengkram kuat ke rawa2.
Dari jalur tersebut, kami akan keluar di sebuah teluk, dan tak jauh dari teluk tersebut nantinya kami akan bertemu dengan pulau Nyang-Nyang tujuan kami.

Lepas dari teluk,petualangan kembali bersambung. Air laut cukup pasang dan juga ternyata gelombang tidak cukup tenang, bisa dikatakan antara tenang dan bergelombang.

Yihaaaa....melewati gelombang memiliki sensasi luar biasa, tidak akan bisa anda temukan di Dunia Fantasi, Jakarta. Tak jarang gelombang yang diterjang memecah dan airnya sampai ke dalam (ternyata air laut itu asin :) ). Yang juga bikin menarik adalah ketika kita melewati gelombang, pulau yang kita susuri hilang2 timbul, kadang terlihat penuh, n kadang hanya setengah.

''iko alun gadang lai bang, biasonyo pulau tu amiah ndak nampak mah bang'' ujar Doddy sepupu si Ade.
''wuih,serius tu Dod?''tanya si Adi kembali.

''tanang se bang, kalau tabaliak beko wak tingga marapuang jo drum2 minyak ko bang,hahaha''timpal si Doddy kembali.

''hahaha, yo mantap lo mah''kecek waden eh gw.

Yang membuat saya tidak begitu cemas adalah xpresi mereka ketika melewati gelombang2 tersebut. Yaaa bisa dikatakan lebih dari enjoy, karena setiap boat terhempas yang ada hanya teriakan kegirangan..gilooo mah...hahaha..

Oia,sebagai tambahan, yang bikin saya cukup sedikit enjoy adalah keberadaan wanita cantik disamping saya..tak lain dan tak buka adalah si blasteran..hahaha...

(bersambung...............)

2 comments: